Warga Kelurahan Rambutan Ikuti Sosialisasi Pencegahan Kebakaran

By Al


nusakini.com - Jakarta - Sebanyak 40 warga RW 01 Kelurahan Rambutan, Ciracas, diedukasi pencegahan dan penanggulangan kebakaran oleh Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Timur.

Kepala Seksi Pencegahan Sudin Gulkarmat Jakarta Timur, Edi Parwoko mengatakan, peserta pelatihan merupakan perwakilan warga, pengurus RT/RW, LMK, FKDM, PKK, dan kader Jumantik. 

Dalam kegiatan itu para peserta diberikan materi pencegahan dan penanganan kebakaran, baik secara teori maupun praktik. Misalnya, melakukan pemadaman api menggunakan handuk basah dan alat pemadam api ringan (APAR).

"Tujuannya, agar warga mengerti cara pencegahan dan penanganan apabila di wilayahnya terjadi kebakaran," ujarnya

Ia menambahkan, salah satu penyebab kebakaran adalah karena kelalaian manusia. Misalnya, ceroboh dalam menggunakan peralatan elektronik bersumber tenaga listrik atau menggunakan kompor gas yang tak disiplin, serta meninggalkan kompor berlama-lama dalam kondisi masih menyala. 

"Di musim kemarau seperti ini saya juga mengimbau agar orang tua memantau anak-anaknya agar tidak bermain korek api atau membakar sampah," tandasnya.